ANDAI AKU JADI MENKOMINFO

Di abad ke-21 ini, perkembangan teknologi semakin maju. Indonesia masih harus mengejar ketinggalannya dengan negara-negara lain. Dalam hal ini campur tangan pemerintah sangat diperlukan, terutama Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) yang dipimpin oleh seorang Menteri. Karena Depkominfo memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan Informatika dan Teknologi (IT) di Indonesia. Maka dari itu seorang Menteri Komunikasi dan Informatika atau yang biasa disebut Menkominfo haruslah orang yang mempunyai wawasan yang tinggi dan selalu mengikuti perkembangan teknologi, agar bangsa kita dapat mengejar ketertinggalannya.
Seandainya saja aku jadi Menkominfo? Apa ya yang akan aku lakukan? Pemikiran itu tiba-tiba terlintas dibenakku saat membaca sebuah informasi lomba menulis “Kalo Kamu Jadi Menkominfo” di sebuah blog. Langsung saja keinginanku aku tuangkan disecarik kertas.
Jika aku jadi Menkominfo yang paling utama sekali yang akan aku lakukan saat ini yaitu mengusulkan sekaligus mufakat untuk merevisi UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) Pasal 27 ayat (3), yang bunyinya: “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.” Menurutku ayat ini terlalu luas pembahasannya, sehingga menimbulkan banyak kontraversi dari berbagai kalangan. Secara tidak langsung ayat ini telah menggembok ruang ekspresi dan menulis. Muncul rasa takut untuk menuangkan ide-ide untuk menulis, misalnya saja seorang blogger ingin mengkritik/memberikan saran kekurangan suatu produk melalui tulisannya, akan tetapi kritikannya bersifat membangun dengan harapan produk tersebut dapat lebih baik dan sama sekali kritikannya tidak menjelek-jelekkan nama produk itu. Tapi sang empunya menuntut blogger itu dengan tudingan pencemaran nama baik. Jadi bagaimana dengan media televisi yang menggosipkan para artis? Padahal jika kita melihat ayat tersebut wajib dikenakan sanksi. Nah menurut aku pribadi ayat ini harus direvisi.
Langkah yang selanjutkan, aku akan membuat peraturan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) wajib menggunakan laptop atau sekurang-kurangnya smartphone untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Laptop atau smartphone tersebut dapat digunakan sebagai buku catatan dan sekaligus buku pelajaran yang dapat didownload secara gratis yang telah disediakan di situs resmi dinas pendidikan. Untuk itu siswa dapat menghemat biaya pendidikan dalam hal membeli buku. Kemudian dengan laptop atau smartphone tersebut siswa juga dapat menggunakannya untuk browsing internet untuk mencari materi-materi pelajaran. Jadi siswa hanya mengeluarkan biaya sekali untuk membeli laptop atau smartphone. Jika ada siswa yang tidak mampu untuk memiliki perangkat tersebut, pemerintah akan turun tangan yaitu memberikan secara gratis kepada siswa itu atau jika memungkinkan semua siswa akan diberikan gratis seperti yang dilakukan sekolah Gumley House Convent School di London. Untuk lebih menunjang program itu di setiap sekolah akan disediakan hotspot gratis yang dapat digunakan untuk menjelajah dunia maya untuk mencari materi pelajaran. Yang tak kalah pentingnya yaitu menerapkan peraturan kepada ISP (Internet Service Provider) atau operator seluler untuk memangkas tarif kepada pelajar dan mahasiswa. Yaitu dengan menerapkan diskon atau tarif khusus yang sesuai dengan kantong pelajar.
Kemudian membuat situs khusus untuk pelajar yang resmi dari Depkominfo. Yang mana situs tersebut dilengkapi dengan forum, agar mereka bisa saling berinteraksi antar pelajar dari berbagai daerah. Dan membuat sebuah komunitas blogger pelajar dan umum yang resmi juga tentunya untuk mereka para blogger Indonesia.
Planningku yang terakhir akan aku buatkan forum dunia maya untuk masyarakat Indonesia untuk dapat berkonsultasi dan menyumbangkan ide-idenya kepada Depkominfo khususnya Menkominfo agar mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.
Hanya itu planning yang pertama sekali ingin aku gerakkan. Mudah-mudahan planning-planningku dapat bermanfaat untuk masyarakat Republik Indonesia.

===The End==

3 responses to this post.

  1. Posted by indra on Desember 24, 2009 at 10:42 pm

    ide bagus..

    tp untuk saat2 ini (berhubung km msh sekolah) saya lebih memilih Romi Satrio Wahono atau Ono W. Purbo sebagai MENKOMINFO..
    tp mudah2an cita2mu untuk menjadi seorang menkominfo dikabulkan suatu saat.

    keep posting bro, ayo cerdaskan putra-putri Indonesia..!!!!!!

    visit my blog
    http://bayuindragunawan.wordpress.com

  2. heeehee,, tengkyu bro…

  3. […] This post was mentioned on Twitter by Aulia, Aceh Blogger. Aceh Blogger said: UPDATE : ANDAI AKU JADI MENKOMINFO: Di abad ke-21 ini, perkembangan teknologi semakin ma.. http://bit.ly/7NzJpN #aceh #blogger […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: