Archive for the ‘Sekolahku’ Category

Tiga Kekalahan Beruntun

Selama tiga tahun kami di SMA Negeri 1 Bireuen, dari pertandingan futsal pertama di kelas X sampai terakhir kelas XII kami KALAH. Tiga pertandingan dalam tiga tahun KALAH TOTAL… Pertandingan tadi sore (baca postingan sebelumnya) menciptakan skor 1-1, dan sama seperti kelas X dulu, kalah di pinalty. Kekalahan kali ini sungguh sangat mengharukan, cewek-cewek kelas kami ada yang nangis karena ini merupakan pertandingan terakhir kami, karena kami sudah kelas 3 dan akan segera berpisah tentunya. Inilah yang membuat kami sangat sedih. Kejadian hari ini memang sangat menyakitkan, dari pertama kami datang ke lapangan eeh malah dituduh menghilangkan bola oleh panitia, padahal kami gak pegang pun bolanya bahkan lihat aja enggak. Trus di pertandingan dapat skor sama 1-1. Trus pinalty hasilnya KALAH TOTAL.. Yang parahnya lagi Tiara kawan sekelas kami kena bola pas di kacamatanya, dan kacanya sebelah kiri pecah, so serpihannya masuk ke matanya. Langsung deh dia dilarikan ke rumah sakit. Jadi kami magrib baru pulang. Wah bener-bener dan bener banget hari ini. Pantang menyerah XII IPA A, YyEeacCHh…!!!

Iklan

Lagu XII IPA A (2)

Hari ini kutinggalkan pekerjaan
Siap-siap tuk nonton pertandingan
Orang bilang aku sudah kesurupan
Demi IPA A apapun ku lakukan
IPA A…IPA A…OO..OO
IPA A…IPA A…OO..OO
IPA A…IPA A…OO..OO
IPA A…IPA A…OO..OO

Dukung XII IPA A

Hari ini jam 15.00 WIB kami dari kelas XII IPA A akan bermain futsal melawan kelas XI IPA A. Pertandingan ini diadakan oleh OSIS tiap tahunnya. Kelas X dulu kami kalah melawan abang-abang XI IPA A dengan scor 2-2 (kalah pinalty). Saat itu mungkin kekalahan kami disebabkan banyak faktor, pemain kami hanya 7 orang dikarenakan siswa laki-laki dikelas kami cuma 6 orang dan 1 orang lagi disewa dari kelas lain, dan aku sendiri tidak bisa dan gak ngerti football, gara-gara gak cukup pemain terpaksa deh aku main. Sedangkan pemain yang dibutuhkan 8 orang, dengan hanya beranggotakan 7 orang melawan 8 orang kami berhasil meraih skor 2 sama, yah lumayanlah. Terus waktu kelas XI kami kalah juga hehe, dengan skor 3-2. Tahun ini kami sudah mempersiapkan diri dengan matang melawan adik kelas XI IPA G. Mudah-mudahan kami menang, Amiin.. Dan para supporter (cewek-cewek kelas kami) telah mempersiapkan lagu-lagu untuk menambah semangat pemain. Ini salah satunya:

Tak kenal lelah
Pantang menyerah
Hadapilah lawanmu
Kami IPA-A
Takkan berhenti
IPA-A sampai mati

Ayo IPA-A maju bersama
Tunjukkanlah aksimu
Kami semua dukung IPA-A
IPA-A I Love You

=======================
Kawan-kawan semua do’ain kami ya…

MANFAAT TIK DI SEKOLAHKU

Pastinya kawan-kawan semua sudah pada tau dong TIK itu apaan. Eem mungkin (mungkin lho hehe) ada yang belum tau, nah buat kamu-kamu yang belum tau TIK itu apaan akan aku jelasin dikit aja okey. TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIK sangat banyak kegunaannya, salah satunya dapat mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun TIK juga mempunyai sisi negatifnya, jika kita tidak tau menggunakannya dengan benar.

Di sekolah kami SMA Negeri 1 Bireuen TIK sangat banyak kegunaannya. Salah satunya dapat kami terapkan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas mata pelajaran. Apalagi disekolah kami sudah tersedia fasilitas internet. Dengan begitu tugas-tugas yang diberikan guru bisa kami cari diinternet. SMA Negeri 1 Bireuen mempunyai 2 ruang laboratorium komputer dengan sekitar 50 unit komputer lengkap yang terkoneksi dengan internet. Dan yang paling membuat kami senang di sekolah kami telah tersedia hostspot untuk sambungan Wi-Fi, so kalau ada tugas mendadak kami bisa browsing internet di kelas dengan laptop atau handphone. Jadi TIK disekolah kami sangat berguna dan sangat mendukung proses belajar mengajar.

Di SMA terfavorit di kabupaten Bireuen ini juga diajarkan berbagai macam fungsi dan cara penggunaan komputer dan internet yang bisa kami terapkan dalam kegiatan sehari-hari kami. Misalnya cara menggunakan Microsoft Excel dan fiturnya yang bisa kami manfaatkan dalam penginputan data secara cepat. Selain itu di kelas akselerasi, yaitu kelas yang sistem pembelajarannya cepat hanya 2 tahun lulus (sayang waktu tahun kami kelas X belum ada kelas Akselerasi), mereka sudah menggunakan komputer dan proyektor sebagai pendukung proses belajar mengajar.
Saat ini para netter sedang maraknya dengan FB (Facebook). Tidak ketinggalan dengan SMAN 1 Bireuen. Sekolah kami mempunyai grup FB tersendiri yang menjadi tempat untuk berdiskusi, berbagi dan bersilaturrahmi antara alumni dan siswa-siswi SMAN 1 Bireuen. Dengan begitu kami sebagai siswa SMAN 1 Bireuen bisa sharing dengan para alumni. Biasanya saat jam istirahat setelah mengisi perut kami ke lab komputer untuk mencari bahan pelajaran atau cuma sekedar browsing dan chating.

Juni 2009 Tekkomdiknad membuka lomba desain web, karena sekolah kami sudah lama ingin mempunyai website untuk mempromosikan SMAN 1 Bireuen sebagai sekolah unggulan, maka sekolah kami mendaftarkan diri sebagai peserta lomba. Website tersebut akan didesain oleh 4 orang siswa SMAN 1 Bireuen (hihi aku salah satunya) dan diawasi oleh seorang guru pembimbing. Dengan pemanfaatan peralatan TIK yang ada di sekolah kami mendesainnya secara perlahan, maklum masih kurang pengalaman di bidang desain web, tapi kami tetap berusaha dengan menerapkan ilmu-ilmu yang telah kami dapati dari pelajaran TIK di sekolah maupun yang kami pelajari sendiri.

So, segala macam bab pelajaran TIK yang diajarkan Alhamdulillah sangat berguna dalam kegiatan kami.

==SMA Negeri 1 Bireuen Berprestasi Dalam Pelajaran==

Kegiatan Ekstrakurikulerku

SMA Negeri 1 Bireuen adalah sekolah terfavorit di kabupaten Bireuen. Mengapa demikian?? Karena SMA Negeri 1 Bireuen mampu mencetak bibit-bibit unggul (:p). Tahun 2007 aku menamatkan SMP di SMP Negeri 2 Bireuen dan melanjutkan ke SMA Negeri 1 Bireuen. Alhamdulillah aku terpilih menjadi salah satu siswa yang berhak menduduki kelas terfavorit saat itu, yaitu kelas unggul (sekarang sudah ada kelas Akselerasi). Alhamdulillah sampai sekarang kelas XII aku masih bisa bertahan di kelas itu, walaupun aku masih kalah bersaing dalam hal pelajaran dengan kawan-kawanku yang lain.

Eemm di postingan aku kali ini, aku akan sedikit menceritakan salah satu kegiatan ekstrakurikulerku di sekolah, yaitu kegiatanku sebagai anggota OSIS (Organisasi Intra Sekolah). Seperti biasa setiap tahun diadakan pergantian struktur OSIS, maka pada tahun 2008 tepatnya saat aku kelas XI dibentuk struktur OSIS yang baru yang akan menjabat dari tahun 2008 sampai 2009. Saat itu aku disarankan oleh kawanku yang menjabat sebagai Sekretaris OSIS untuk mendaftarkan diri sebagai Wakil Ketua Seksi Wirausaha yang saat itu masih kosong. Aku setuju aja dengan saran kawanku itu. akhirnya aku resmi menjadi anggota OSIS SMA Negeri 1 Bireuen sebagai Wakil Ketua Seksi Wirausaha yang beranggotakan 5 orang. Senang seh rasanya walaupun cuma jadi Waket Seksi Wirausaha. Sekarang jabatanku sudah genap setahun, seharusnya pada bulan ini sudah dipilih ketua dan struktur yang baru, tapi karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, maka pemilihan ketua OSIS dan pembentukan struktur OSIS yang baru ditunda sampai selesai Idul Fitri.

Selama setahun jadi Wakil Ketua Seksi Wirausaha tugasku biasa-biasa aja, yaitu pada saat awal pembentukan struktur OSIS yang baru tahun 2008 kemarin kami dari Seksi Wirausaha mencetak kalender yang akan dibagikan ke setiap kelas, guru dan kepada anggota OSIS. Setelah itu planning kami selajutnya yaitu mencetak imsakiah yang akan kami bagikan ke semua siswa dan guru, tidak terkecuali dengan anggota OSIS. Planning tersebut berjalan lancar walaupun awalnya tersendat pada dana, namun dengan usaha dari anggota ketua OSIS dan pengurus OSIS akhirnya planning terlaksana dengan baik. Yang sangat disayangkan di bulan Ramadhan tahun ini kami tidak membuat imsakiah karena awalnya kami mengira Ramadhan kali ini sudah dibentuk struktur OSIS yang baru, namun karena waktu yang tidak memungkinkan akhirnya ditunda. Yah kami yang tidak punya persiapan akhirnya memutuskan untuk tidak mencetak imsakiah. Banyak kawan-kawanku yang mengeluh akan hal ini, tapi apa boleh buat.

Jabatanku sebagai Waket Seksi Wirausaha lebih kurang 1 bulan lagi sebelum dipilih dan dibentuk struktur OSIS yang baru. Alhamdulillah tidak ada planning yang belum terjalankan, hehehe iya Alhamdulillah soalnya kalau masih ada planning yang belum terjalankan kayaknya gak mungkin dijalankan lagi, karena waktu yang gak memungkinkan.

Oya saat acara perpisahan anak kelas XII tahun ajaran 2008/2009 kemarin aku juga diikutkan dalam panitia seksi Publikasi dan Dokumentasi sebagai anggota. Ada rasa seneng yang tersendiri walaupun cuma sebagai anggota. But no problem…!!!