MENGENAL KOMPONEN KOMPUTER

Sebelum kita belajar komputer lebih dalam, lebih baiknya kita mengenal komponen-komponen dari komputer.

1. Mainboard (MB)mainboard

Mainboard adalah sebuah papan circuit utama tempat terpasangnya beberapa komponen seperti VGA card, Lan Cards memory, TV Tuner, Video card, dan lainnya. ada juga mainboard yg beberapa komponen diatasnya sudah dibuat onboard (tertanam), jadi ga bisa dicabut. Pemilihan paket MB yang baik adalah dari produsen yang menyertakan spesifikasinya, sehingga akan mudah jika ingin meningkatkan kinerjanya. Perhatikan dalam spesifikasi MB tersebut utamanya pada kemampuan Processor Support, Memory support, Expansion Slots, Power Supply & Management, Graphics System, On-board I/O port, Hardware monitoring dan komponen lain yang tersedia pada MB tersebut.
Untuk komputer perorangan lebih mengutamakan hardware yang dapat mensuport video graphics dan RAM yang tinggi, disamping multimedia yang lebih menonjol ketimbang untuk kebutuhan kantor. Untuk itu MB yang harus dipilih pada komputer perorangan adalah yang memiliki slot VGA AGP yang bagus (8 atau 16x), dan memiliki chache memory board tinggi.

2. Processor

Processor Processor atau juga disebut dengan Central Processing Unit (CPU), dilambangkan dengan ┬ÁP atau uP adalah sebuah hardware yang melaksanakan perintah (Instruksi) serta mengolah data dari Software. CPU diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket chip atau IC (Integrated Circuit) tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor chip tunggal ini telah umum dalam implementasi CPU. CPU terbentuk dari kumpulan jutaan transistor yang terletak dalam sebuah paket chip atau IC (integrated Circuit) semikonduktor. Bentuknya kecil, IC ini terbuat dari lempengan silikon.

CPU berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari RAM (Random Access Memory) atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa Hardware, seperti Keyboard, Scanner (Pemindai), Control Panel dan Mouse. CPU dikendalikan oleh sekumpulan instruksi dari software komputer. Instruksi dari software tersebut dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, yaitu hard drive, floppy drive, dan CD/DVD ROM/RW Drive. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dijalankan (diekseskusi), data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus (baca : saluran bus pada segmen Motherboard), yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian diterjemahkan kedalam kode-kode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi. Data kemudian berjalan ke Aritmatic Logic Unit (ALU) yang melakukan perhitungan dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan registry, supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam registry, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke RAM, media penyimpan, atau registry, bila akan mengolah hasil pemrosesan selanjutnya. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

3. Random Acces Memory (RAM)

ram

Random Acces Memory (RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Pada awalnya komputer menggunakan SIMM RAM, EDO RAM, SD RAM, dan pada saat ini DD RAM. Semua ini adalah alat pemacu proses kecepatan.

Untuk meningkatkan kinerja komputer khususnya yang aplikasinya berbasis Windows, maka peran RAM sangatlah menentukan khususnya dalam kecepatan akses program sehingga dapat menjalankan lebih dari satu perintah program. Misalnya untuk membuka dua aplikasi sekaligus Word dan Excel secara bersama-sama, atau mengetik sambil mendengarkan lagu dan lain sebagainya, maka peran RAM sangat menentukan.

4. Disk drive/Floppy disk

floppy Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

5. Hard Drive/Hard Disk

hard-drive-partsHard drive adalah media untuk menyimpan data dan sebagai sistem untuk menjalankan semua program yang ada pada computer. Jenisnya sangat banyak dari bermacam-macam perusahaan hard drive. Hard disk memiliki keterbatasan waktu pakai, tetapi lamanya tergantung dari frekuensi pemakaian dalam komputer tersebut. Jika dinyalakan nonstop 24 jam, maka usia hardisk tersebut tidak lebih dari 2 tahun atau ekuivalen dengan 6000-7000 jam saja.

Proses pembuatan hard disk sendiri terdiri atas lapisan magnetic yang disemprotkan pada bagian permukaan plat secara halus dengan teknologi tinggi (Susan B. Sasser dkk, 1996). Seperti halnya floppy disk maupun cdroom, maka proses pembuatan hard disk adalah sama. Jika head floppy disk bentuknya besar, maka pada hard disk lebih kecil. Disamping itu setiap piringan pada hardisk harus berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga wajar kalau dalam kurun waktu tertentu arus diganti dengan yang baru.

Pada hard disk yang berkecepatan rendah (5400 rpm) biasanya harganya lebih murah dibanding dengan yang berkecepatan tinggi yaitu 7200 rpm, meski dengan jumlah kapasitas yang sama. Untuk hard disk yang berkecepatan tinggi lebih sering dijumpai pada pengguna server untuk jaringan (Network). Sedang untuk yang berkecepatan rendah biasanya digunakan pada komputer pribadi dirumah-rumah atau dikantor yang tidak menggunakan jaringan.

Keuntungan menggunakan yang berkecepatan tinggi adalah untuk akses program maupun menyimpan data lebih cepat, tetapi dalam tanda kutip bahwa beda antara keduanya tidak terlalu mencolok, sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas bedanya.

6. Casing

casingCasing untuk komputer berprocessor s/d 2 (P II) adalah model AT. Setelah perubahan tingkatan menjadi P III dan IV maka casing menyesuaikan powernya dengan menambah fasilitas dan daya serta design maka menjadi ATX. Perbedaan pada kedua jenis casing ini adalah pada output power dan jenis soket untuk menunjang Main Board yang ada.

Pertimbangan sebelum membeli casing :
Power supplynya memiliki output berapa Watts
Banyaknya kabel output untuk keperluan pendingin dan jumlah kipas/fan yang terpasang
Bentuk dan beberapa animasi/pernak-perniknya.

7. CD ROM/DVD ROM Read or Write

CD-ROMCD-ROM (Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.

Pertimbangan pemilihan CD DRIVE :
Sebesar apakah data yang akan kita transfer/baca setiap saat
Spesifikasi komputer yang ada
Frekuensi pemakaian antara pembacaan data dengan penggunaan multimedia lebih banyak mana
Kondisi dana yang tersedia
Merk dan jenis CD DRIVE yang akan dibeli.

8. Speaker
Speaker adalah suatu alat/tranducer yang mengubah sinyal elktrik menjadi mekanik (pergerakan driver), dan menjadi energi akustik. Dengan berjalannya waktu, pada era 90an mulai ada soundcard yang dikeluarkan oleh creative dengan soundblasternya membuat dunia multimedia semakin marak. Perkembangannya saat ini semakin canggih, dimana soundcard yang dilengkapi dengan sub-woofer menjadikan kualitas suara sangat bagus dan menarik.speaker

Pertimbangan dalam memilih speaker adalah :
Besarnya PNPO yang ada pada speaker tersebut
Spesifikasi komputer yang dimiliki
Ruangan kerja kita, lingkungan sekitarnya, dan suasananya sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar.

9. Keyboard

keyboard Keyboard adalah perangkat penting dari komputer yang berfungsi untuk mengetik. Tanpanya, kita tidak bisa melakukan pekerjaan kita dengan cepat.

10. Mouse
mouseMouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa jenis port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless. Mouse juga berkembang dengan pesat, mulai dari yang tanpa kabel wireless hingga yang berjenis optic. Beberapa perusahaan ada yang mengeluarkan produk secara 2in1 (yaitu keyboard dan mouse) ada pula yang mengeluarkan 3in1 yaitu plus speaker. Dari segi harga memang lebih murah, tetapi ada juga kelemahannya yaitu pada kualitas suara kurang bagus.

11. Monitor

monitorMonitor adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an. Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion.

Monitor dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan dengan tiga buah ruangan yaitu satu buah ruangan kontrol, satu buah ruang-tunggu-masuk, satu buah ruang-tunggu-dalam. Ketika suatu thread memasuki monitor, ia memasuki ruang-tunggu-masuk (enter). Ketika gilirannya tiba, thread memasuki ruang kontrol (acquire), di sini thread menyelesaikan tugasnya dengan shared resource yang berada di ruang kontrol (owning). Jika tugas thread tersebut belum selesai tetapi alokasi waktu untuknya sudah habis atau thread tersebut menunggu pekerjaan thread lain selesai, thread melepaskan kendali atas monitor (release) dan dipindahkan ke ruang-tunggu-dalam (waiting queue). Ketika gilirannya tiba kembali, thread memasuki ruang kontrol lagi (acquire). Jika tugasnya selesai, ia keluar dari monitor (release and exit)

12.VGA

vga

VGA adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer.

13. Soundcard

sound-card-2Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:

- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
– Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
– Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB.

About these ads

41 responses to this post.

  1. Posted by hanifah on Desember 3, 2009 at 8:24 am

    rh

  2. informasi yang sangat bermanfaat. thanks for this posting

  3. Posted by Cahya on Desember 8, 2009 at 5:44 am

    Makasi ya

  4. Posted by Ramadhan on Desember 10, 2009 at 7:54 pm

    @all sama2 plend,

  5. Posted by dani on Desember 23, 2009 at 10:36 pm

    sep lah…

  6. gak da jnis2x keyboard ya????????????!!!!!!!!!!!!!!!

  7. Posted by pencetz on Juli 30, 2010 at 6:05 pm

    trims bgt informasinya….
    berguna sekali…..

  8. Posted by pencetz on Juli 30, 2010 at 6:07 pm

    jelasin lebih rinci lagi donk tentang isi dari PC serta fungsinya

  9. @up hheeeheh k deh tar aku usahaiin bro,, lg sibuk di real neh

  10. Posted by riston on Oktober 5, 2010 at 6:59 pm

    trimss……………..

  11. terima kasih atas informasi nya…….

  12. terima kasih atas informasi atas petunjuk nya…….

  13. @up tengkyuuuu udah mampir… mohon do’anya untuk artikel berikutnya, udah lama kaga nulis ne

  14. Posted by diny on Januari 21, 2011 at 9:11 am

    ku SL`lu mNunGgu Infiarmasi terbaru ri mue….

  15. Posted by ahmad ridwan ardiansyah on Agustus 27, 2012 at 2:41 pm

    Thank Atas Pengetian”nya .
    sangat Bermamfaat banget y :)
    Ardi.Ahmad51@yahoo.com Add Yah ;)

  16. Posted by Sefia Nur Haliza on September 19, 2012 at 3:54 pm

    makasih dengan ini aku jadi gampang mangerjakan tugas :)

  17. Posted by baren on November 11, 2012 at 9:54 am

    tq infoxxx

  18. Posted by kn4878 on Februari 20, 2013 at 11:32 am

    babi pak ang gi aq info ni]

  19. Posted by kn4878 on Februari 20, 2013 at 11:34 am

    btuh

  20. Posted by kn4878 on Februari 20, 2013 at 11:37 am

    sarip lancau

  21. Posted by kn4878 on Februari 20, 2013 at 11:40 am

    pit ang gila. syafiq @ masyitah

  22. Posted by ridha on Februari 20, 2013 at 11:48 am

    ang dok komen macam macam

  23. Posted by ridha on Februari 20, 2013 at 11:48 am

    amin amin amin

  24. Posted by syafiq on Februari 20, 2013 at 11:50 am

    heo

  25. Posted by ahmad ridwan ardiansyah on Februari 20, 2013 at 11:51 am

    dfj,wekchdm,xshejky

  26. Posted by ahmad ridwan ardiansyah on Februari 20, 2013 at 11:52 am

    sudin

  27. Posted by Pendekar Mustar on Februari 20, 2013 at 11:53 am

    Buat semak komen jaa budak-budak ni….pergi laa korang yg buat semak ni.. :P

  28. Posted by zul beliak ( pak jon) on Februari 20, 2013 at 11:54 am

    wei abis blog orang

  29. Posted by Pendekar Mustar on Februari 20, 2013 at 11:56 am

    Habis tercemar blog ni……. :P

  30. Posted by khori on Februari 20, 2013 at 11:56 am

    eeeeerrrrrrrrrrrrrr dok marah apa tau haiiiiiiiiiiiii

  31. Posted by ahmad yusri on Februari 20, 2013 at 11:57 am

    spa nma syafiq ang kacau awek aq masyitah

  32. Posted by khori on Februari 20, 2013 at 11:57 am

    sorry sorry :)

  33. Posted by syamin on Februari 20, 2013 at 11:58 am

    petang ni nak jadi harimau pulak

  34. Posted by Panglima Hang Tuah on Februari 20, 2013 at 11:59 am

    JANGAN BUAT KACAU DI SINI !!!!

  35. Posted by ahmad amir on Februari 20, 2013 at 12:00 pm

    ni 6be awek cun 0124739857

  36. Posted by Mat Toya on Februari 20, 2013 at 12:01 pm

    Aku toya ….

  37. Posted by HAntu pida 4 on Februari 20, 2013 at 12:01 pm

    soryy abg / adik /kak / tok kami boring sekarang ni

  38. Posted by ANINA on Februari 20, 2013 at 12:02 pm

    HAI BEBUDAK NI PAKAT DOK KATA KAT ORANG AIH KAN KENA BLOG PULA WEB NI

  39. Posted by ahmad yusri on Februari 20, 2013 at 12:10 pm

    ang ngan kcau awek aq masyitah

  40. Posted by ahmad amir on Februari 20, 2013 at 12:11 pm

    tfdegfasdfg

  41. Posted by navin on Februari 26, 2013 at 11:50 am

    nice

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: